Bayi 0 Bulan Sering Cegukan

Bayi 0 Bulan Sering Cegukan





Bayi sering cegukan apakah berbahaya? kenapa bayi sering cegukan? penyebab bayi cegukan, cara mengatasi bayi sering cegukan. HICCUPS atau CEGUKAN pada bayi merupakan hal yg sering dialami oleh bayi, dimana hal itu dikarenakan oleh beberapa faktor, yakni diantaranya :

Penyebab Bayi Cegukan

1. Pengencangan diafragma (otot yang ada di dasar paru-paru yg digunakan untuk bernafas) secara mendadak & tidak terduga, sehingga mengakibatkan udara tiba-tiba tertarik masuk melalui mulut, sehingga menimbulkan suara ceguk-ceguk.
2. Cegukan sering bermula saat seseorang (bayi) melakukan 2 hal sekaligus, misal tertawa saat lagi makan atau minum.
3. Stres, kadang-kadang itu tanda kalau bayi lagi stres, coba ingat-ingat apa yang sebelumnya dialami oleh si kecil.
4. Bahkan cegukan yang sesekali saja dapat dikarenakan oleh sesuatu yg lain, seperti serangga yg masuk kesaluran telinga & menyentuh gendang telinga.

Cegukan itu biasanya dialami bayi yg minum susu dari botol karena ada udara yg ikut terhisap bayi. Sedangkan bayi yg mendapatkan ASI eksklusif, biasanya jarang banget terjadi cegukan. Karena seharusnya tidak ada udara yg masuk ke dalam lambung.

Cegukan di bayi biasanya hanya sebentar saja (beberapa menit) & akan hilang dengan sendirinya serta tidak berbahaya. Walau hal biasa, tetapi jika terjadi terus menerus tentu membuat orang tua jadi khawatir, Apalagi bagi orang tua yg baru pertama kali memiliki anak. Mereka paling khawatir kalau bayinya yg masih berumur 0-3 bulan mengalami cegukan, Padahal, cegukan pada bayi apalagi setelah minum ASI atau susu botol sebetulnya hal yg biasa & dialami hampir semua bayi.

Jika bayi kalian yg bisa ASI eksklusif & mengalami cegukan, mungkin karena cara menyusui yg kurang benar. Misalnya, ketika menyusui, putin *g kurang masuk ke dalam mulut bayi atau posisi bayi tak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi. Dan perut bayi tidak berhadapan dengan perut ibu jadi ada udara yg masuk terhisap.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan

1. Kasih minum ASI atau air hangat untuk bayi
2. Menepuk punggung bayi, caranya sandarkan bayi tegak di bahu & tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut, seperti ketika kalian ingin menyendawakannya, beberapa bayi lebih cenderung menelan banyak udara saat mereka menyusu ASI ataupun minum susu formula. Terlalu banyak menelan udara itu akan meregangkan lambung, yg bisa memicu cegukan. Beberapa tepukan lembut dapat mendorong udara ke atas & menghentikan cegukan.
3. Cek dot minum bayi, jika bayi diberikan susu formula. Bayi bisa menelan terlalu banyak udara & cegukan jika lubang dotnya tidak cocok besarnya. Pijat bagian belakang langit-langit mulut dengan menggunakan kapas yg dibasahi air. Gerakkan kapas tersebut ke depan & belakang selama satu menit atau lebih.
4. Periksa atau konsultasikan pada dokter anak jika cegukan masih terus berlanjut. Karena biasanya cegukan akan berhenti dalam waktu 5-10 menit.


    Baca Juga :

Share this: