Bayi Rewel Setelah Imunisasi Bcg

Bayi Rewel Setelah Imunisasi Bcg



Setelah disuntik imunisasi BCG nanti akan muncul bengkak & kemudian akan terjadi luka seperti borok pada kulit tempat disuntik. Hal tersebut menandakan bahwa imunisasinya berhasil.

Bengkak baru akan muncul 2 - 4 minggu setelah di imunisasi. Tapi bagaimana jika setelah lebih dari satu bulan bengkaknya ditempat bekas suntikan belum muncul juga? Ternyata, keadaan itu bisa juga terjadi & tidak berarti imunisasi gagal. Kalian tidak perlu khawatir. Antibodi yg sudah diberikan melalui vaksinasi tetap terbentuk, tapi kadarnya rendah. Di kemudian hari, booster (ulangan vaksinasi) bisa didapat dari alam.

Apa Fungsi Dan Manfaat Dari Imunisasi BCG
Imunisasi BCG (Basil Calmette Guerin) berguna untuk mencegah bayi ataupun anak terserang penyakit TBC yg berat, seperti meningitis TBC & TBC miller.

Tanda Keberhasilan Imunisasi BCG
Imunisasi BCG dibilang berhasil jika muncul benjolan kecil & bernanah di tempat bekas suntikan setelah 2 hingga 4 minggu penyuntikan. Benjolan atau bisul tersebut tidak menimbulkan sakit & nantinya akan menciut dengan sendirinya membentuk luka parut. Ketika bejolan bernanah atau seperti luka, Kalian tidak perlu memberikan obat, tidak perlu ditutup & tidak masalah jika terkena air. Itu adalah reaksi normal dari imunisasi BCG.

Efek Samping Imunisasi BCG
Vaksinasi BCG tida menimbulkan panas. Tapi kalian harus waspada apabila muncul reaksi lain seperti peradangan agak berat pada lokasi penyuntikan, luka benjolan yg tidak sembuh atau malah menjadi koreng, atau pembengkakan pada kelenjar limfe di ketiak atau lipatan paha (tergantung lokasi yg disuntik).

Kenapa Bayi Rewel Setelah Imunisasi BCG

Bekas imunisasi akan menimbulkan benjolan, tapi jika menimbulkan rasa nyeri bisa diberikan obat anti nyeri pada bayi, kemungkinan rewelnya bayi setelah imunisasi bcg adalah rasa nyeri. Jika tidak ditemukan keadaan lain sebaiknya periksa kembali bayi kalian pada dokter.
    Baca Juga :


Share this: