Berapa Hari Terjadi Pembuahan Setelah Berhubungan

Berapa Hari Terjadi Pembuahan Setelah Berhubungan



Ada 8-9 dari 10 pasangan yg ingin mempunyai keturunan biasanya akan mendapatkan bayi dalam satu tahun pertama. Sementara pasangan lainnya membutuhkan waktu lebih lama. Jika tak ada kondisi serius yg mengganggu kesuburan pasangan, kehamilan sebetulnya bisa direncanakan & dideteksi lebih dini dengan mendalami bagaimana proses pembuahan terjadi.

Sel telur di dalam tubuh wanita, matang setiap periode tertentu di setiap bulan. Sementara pria setiap waktu selalu memproduksi jutaan air mani. Tapi dari sekitar 350 juta mani yg diproduksi saat ejakulasi, cuma satu mani yg berhasil membuahi sel telur.

Saat Mani Bertemu Sel Telur

Awal percobaan pembuahan terjadi ketika kamu & pasangan sedang menikmati hubungan. Saat mencapai klimak, organ pria mengeluarkan cairan mani yg kaya dengan sper ke dalam vagi. Cairan tersebut melesat ke dalam rahim mencari jalan buat bertemu dengan sel telur.

Kontraksi lembut pada rahim membantu sper hidup dalam saluran reproduksi mencapai sel telur. Mani-mani akan melakukan perjalanan sepanjang kurang lebih 18 centimeter dari leher rahim ke tuba falopi dimana sel telur biasanya berada. Mani pertama yg bertemu dengan sel telur akan berjuang menembus cangkang sel supaya terjadi pembuahan.

Biasanya mani-mani tersebut bisa berenang dengan kecepatan 2,5 centimeter setiap 15 menit. Beberapa mani bisa menghabiskan waktu setengah hari buat mencapai tujuan. Sementara mani tercepat biasanya mencapai sel telur dalam waktu -+ 45 menit.

Berapa Hari Terjadi Pembuahan Setelah Berhubungan

Pembuahan harus terjadi dalam jangka 24 jam setelah sel telur dihasilkan. Setelah salah satu mani berhasil menembus sel telur, sel tersebut berubah lalu bentuk sehingga mani lain tidak bisa menembus masuk. Dan disaat itulah janin terbentuk.

Tapi jika mani tidak juga menemukan sel telur untuk dibuahi, mereka bisa tetap bertahan di dalam tuba falopi hingga tujuh hari setelah hubungan sek. Jika dalam tujuh hari tersebut wanita mengalami ovulasi, maka pasangan itu akan mendapatkan keturunan.

Jenis kelamin bayi ditentukan dari tipe kromosom dari mani laki-laki yg bertemu dengan kromosom dari sel telur perempuan. Sel telur perempuan selalu mengandung kromosom X sedangkan sel mani bisa mengandung X atau Y. Gabungan kromosom X & kromosom Y membentuk jenis kelamin laki-laki, dan kombinasi dua kromosom X membentuk jenis kelamin perempuan. Bayi laki-laki atau perempuan ditentukan dari mani manakah (X atau Y) yang lebih dahulu mencapai & membuahi sel telur. Jenis kelamin bayi bisa dideteksi dengan menggunakan USG kira-kira saat hamil lima bulan.
    Baca Juga :


Share this: