www.desywulandari.com

Berapa Lama Cacar Air Mengering



Cacar air adalah infeksi yg dikarenakan oleh virus varicella-zoster. Apabila virus ini masuk ke dalam tubuh maka sistem imun akan membentuk antibodi selama infeksi berlangsung. Antibodi tersebut akan melawan virus & kemudian akan memberikan kekebalan tubuh terhadap cacar air seumur hidup. Karena itu, sangat jarang mengalami sakit cacar air lebih dari 1x. Kebanyakan orang akan mengalami infeksi cacar air ketika kanak-kanak sehingga sangat jarang ketika dewasa terinfeksi oleh cacar air.

Gejala Cacar Air

Tanda-tanda cacar air baru muncul 10 hari sampai 3 minggu setelah terinfeksi. Masa tersebut disebut dengan masa inkubasi, yaitu waktu antara mulai terinfeksi sampai muncul gejala. Gejala awal dari cacar air umumnya berupa demam, sakit kepala, sakit menelan & hilang nafsu makan. Ruam biasanya baru muncul paling cepat satu hari setelah munculnya gejala awal seperti diatas.

Berapa Lama Cacar Air Mengering

Ruam muncul dalam bentuk lepuh berisi air (blister) kecil berkelompok, umumnya gatal & akhirnya lepuh berisi air tersebut akan pecah. Setelah pecah, lepuh bakal mengering, berkerak & membekas pada kulit. Ruam cenderung muncul di area wajah dada & punggung atau lengan & kaki. Ruam baru mengering semuanya setelah 2 atau 3 minggu.

Penularan Cacar Air

Cacar air adalah penyakit infeksi yg sangat mudah menular. Virus menyebar ke udara dari orang ke orang. Sebagai contoh, kalau kalian belum pernah terkena cacar air, maka akan memiliki kemungkinan tertular jika :

  • Kontak berupa tatap muka sama si penderita cacar air selama lebih dari lima menit, misalnya melakukan percakapan.
  • Ada di ruangan yg sama dengan penderita cacar air selama lebih dari lima belas menit; atau
  • Berhubungan dekat sama penderita cacar air.
  • 9 dari 10 orang yg belum pernah terkena cacar air bakal mengalami infeksi cacar air setelah berhubungan seperti di atas.

Yg jadi masalah adalah, cacar air bisa menular sejak dua hari sebelum ruam muncul hingga semua ruam kering. Jadi, cacar air sudah bisa menular sebelum penyakit tersebut bisa diagnosis. Karena itu, apabila belum pernah terkena cacar air maka vaksinasi adalah cara yg paling ampuh untuk mencegah tertular dengan cacar air.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Berapa Lama Cacar Air Mengering. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top