www.desywulandari.com

Berapa Lama Mastitis Bisa Sembuh



Apa itu mastitis? Bagaimana cara mengobati mastitis? Berapa lama mastitis bisa sembuh? Mastitis adalah infeksi yg dikarenakan adanya sumbatan di saluran susu sampai putin6 susu pun mengalami sumbatan. Untuk memperlambat terjadinya mastitis ini disarankan untuk menggunakan bra atau pakaian dalam yg mempunyai penyangga yg baik dibagian pay *udaranya. Pengurutan pay *udara sebelum laktasi adalah salah satu tindakan yg sangat efektif untuk menghindari terjadinya sumbatan di duktus. Usahakan agar selalu menyusui dengan posisi & sikap yg benar. Kesalahan sikap ketika menyusui bisa menyebabkan terjadinya sumbatan di duktus. Menggunakan penyangga bantal ketika menyusui cukup membantu untuk menciptakan posisi menyusui yg lebih baik.

Mastitis

Gejala Mastitis

- munculnya rasa demam & kemerahan disekitar area hisapan bisa juga dikarenakan mastitis. sisi yg mengalami sumbatan duktus akan menunjukkan warna kemerahan dibanding daerah lainnya
- tiba-tiba timbul rasa gatal dibagian putin *g & berkembang menjadi adanya rasa nyeri ketika bayi menyusui
- ibu merasakan gejala seperti flu demam, rasa dingin dan tubuh terasa pegal juga sakit.

Cara Mengurangi Efek Mastitis

- agar memperpendek durasi mastitis, segeralah tidur jika menduga adanya mastitis & istirahatlah dengan benar
- kompres daerah yg mengalami sumbatan duktus dengan menggunakan air hangat
- makan echinacea & vitamin c agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh & membantu melawan infeksi
- gunakan pancuran air hangat (shower hangat) buat mandi, akan sangat membantu untuk mempercepat menghilangkan sumbatan
- lakukanlah pemijatan ringan ketika menyusui juga cukup membantu
- tetap berikan asi pada bayi, terutama gunakanlah pay *udara yg sakit sesering & selama mungkin sehingga sumbatan itu lama-kelamaan akan menghilang

Pengobatan Mastitis

Antibiotik. Pengobatan mastitis biasanya butuh waktu sekitar 10 sampai 14 hari pemberian antibiotik. Kalian bisa jadi sudah merasa sehat setelah 24-48 jam minum antibiotik, tapi obatnya tetap harus dihabiskan agar menurunkan kemungkinan terjadi kembali.

Perawatan Sendiri. Istirahat, tetap terus menyusui & minum lebih banyak cairan bakal membantu tubuh kalian dalam mengatasi infeksi pay *udara. Kosongkan pay *udara yg terinfeksi sesering mungkin. Jika bayi menolak menyusu pada pay *udara yg sakit, gunakanlah pompa asi atau perah dengan menggunakan tangan untuk mengosongkan pay *udara kalian.

Penyesuaian Teknik Menyusui. Kunci utama agar menghindari mastitis adalah dengan mengosongkan pay *udara ketika menyusui & posisi perlekatan (latch-on) yg tepat. Dokter kalian mungkin akan mereview teknik menyusui kalian atau menyarankan kalian menemui konsultan laktasi agar mendapat bantuan lebih lanjut.

Jika mastitis yg dialami tidak juga membaik setelah mengonsumsi antibiotik, konsultasikan kembali sama dokter. Kanker pembengkakan pay *udara (suatu jenis kanker pay *udara yg jarang terjadi) bisa juga mempunyai gejala kemerahan & membengkak yg seringkali rancu dengan mastitis. Dokter akan menganjurkan diagnostic mammogram & biopsy untuk meyakinkan bahwa kalian tidak terkena kanker tersebut.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Berapa Lama Mastitis Bisa Sembuh. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top