Berapa Minggu Bayi Lahir Ke Dunia

Berapa Minggu Bayi Lahir Ke Dunia





Proses pembentukan sudah berakhir. Hari besar sudah hampir datang & tidak lama lagi kalian bisa memeluk bayi kalian. Sekarang bayi tengah menanti agar dilahirkan. Bayi sudah benar-benar siap buat melihat dunia. Tapi jika pada minggu ke 40 ini kalian belum melahirkan, jangan terlalu khawatir karena kalian melewati Hari Perkiraan Lahir, karena cuma sekitar 5% dari wanita hamil yg melahirkan tepat pada HPL nya & dokter kalian kemungkinan belum akan menyarankan induksi ataupun caesar seminggu atau 2 minggu lagi kecuali jika kalian atau bayi ada di dalam kondisi yg berbahaya.

Perkembangan Janin di Usia Kandungan 40 Minggu

Berat badan bayi mungkin sudah mencapai sekitar 3,3 kilogram & panjang kira-kira 50 centimeter. Tubuhnya yg montok & bulat itu cuma bisa meringkuk ketat karena rahim makin sempit.
Kulitnya makin halus & lembut, & mungkin masih ada verniks yg nantinya akan memudahkan perjalanannya lewat jalan lahir.
Kuku-kukunya panjang & mungkin sudah menggores wajahnya yg lucu.
Bayi akan semakin banyak menghasilkan hormon yg disebut kortison dari kelenjar adrenal nya. Ini membantu mematangkan paru-parunya & menyiapkannya untuk udara pertama.
Tentang organ reproduksi, testis kebanyakan dari bayi laki-laki sudah turun. Untuk bayi perempuan, ovariumnya masih ada di pinggir panggul & tidak mencapai posisi final sampai setelah kelahiran.

Keadaan Ibu

Dengan postur tubuh ibu yg besar di minggu ini, ibu bakal mengimbangi beban tambahan dibagian depan dengan mencondongkan tubuh kebelakang.
Pusat gravitasi sudah bergeser, sehingga ibu cenderung akan menabrak atau menjatuhkan benda-benda.
Ibu makin sulit tidur nyenyak ketika malam hari, karena perut yg besar membuatnya semakin tidak nyaman.
Kontraksi Braxton Hicks di minggu ini akan meningkatkan suplai darah ber oksigen ke rahim & bayi.
Beban panggul terasa semakin berat.
Kulit perut sangat meregang & terasa kencang seperti drum.

Yang Harus Dilakukan

Persiapkan barang-barang yg diperlukan untuk kalian melahirkan nanti.
Lakukanlah relaksasi untuk melatih pernapasan.
Banyakin gerak seperti berjalan-jalan.

Tips Kehamilan

Jika kalian benar-benar sudah bosan & ingin menjalani induksi, diskusikan sama dokter ataupun bidan. Induksi adalah keputusan pribadi & banyak faktor yg harus dipertimbangkan sebelum keputusan itu dibuat. Ingat, proses kelahiran dimana calon ibu mempunyai peluang lebih besar mengalami induksi & membutuhkan bantuan medis ketimbang melahirkan secara normal.


    Baca Juga :

Share this: