www.desywulandari.com

Binatang Yang Haram Dimakan Menurut Al Quran



Pada waktu sekolah dulu kita diberitahu mengenai hewan yg haram dikonsumsi, diantaranya yg hidup di 2 alam, mempunyai taring, & berkuku tajam. Namun, sampai saat ini kita belum menemukan hadisnya. Di dalam Alquran hanya ada 4 macam yg diharamkan, yakni babi, bangkai, darah & semua yg disembelih bukan karena Allah. Apakah ada hadis yg menjelaskan mengenai hal tersebut?

Binatang Yang Haram

Hukum asal dari segala sesuatu itu adalah boleh, maka tak ada yg haram kecuali yg ditetapkan oleh nash syara, baik Alquran ataupun hadis sahih. "Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagi kalian bangkai, darah, daging babi, & binatang yg (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tapi, barang siapa di dalam keadaan terpaksa (memakannya), sedang ia tidak menginginkannya & tidak (pula) melampaui batas, tak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang." (QS al-Baqarah 2:173).

Juga ada penjelasan lain. "Katakanlah, Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yg diwahyukan kepadaku sesuatu yg diharamkan bagi orang yg hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai atau darah yg mengalir atau daging babi karna sesungguhnya semua itu kotor atau binatang yg disembelih atas nama selain Allah. Barang siapa yg dalam keadaan terpaksa, sedangkan ia tidak menginginkannya & tidak (pula) melampaui batas, sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun dan Maha Penyayang." (QS al-An'am 6:145).

Pada dasarnya, tak ada dalil dari nash syar'i yg tegas mengharamkan binatang yg hidup di 2 alam kecuali tentang kodok yg dijelaskan di dalam hadis. Nabi melarang untuk membunuhnya saat ditanya seorang tabib yg akan menggunakannya untuk dijadikan obat. Dari Abdurrahman bin Usman, dia berkata, "Sesungguhnya seorang tabib (dokter) pernah bertanya pada Nabi tentang kodok yg akan dia jadikan sebagai obat. Nabi melarangnya untuk membunuh kodok." (HR Abu Daud, Ahmad & al-Hakim).

Perbedaan pendapat ulama mengenai hewan yg hidup di 2 alam itu timbul karena perbedaan mereka di dalam menentukan apakah hewan tersebut dianggap sebagai hewan laut atau hewan darat. Karna kalau hewan-hewan itu dianggap hewan laut, berdasarkan dari banyak dalil umum di dalam Alquran, itu halal untuk dimakan tanpa harus di sembelih terlebih dahulu.

"Dihalalkan bagi kalian binatang buruan laut & makanan (yg berasal) dari laut sebagai makanan yg lezat untuk kalian & bagi orang-orang yg dalam perjalanan; & diharamkan atas kalian (menangkap) binatang buruan darat selama kalian dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kalian akan dikumpulkan." (QS al-Maidah 5:96).

Hadis Nabi juga membahas tentang hal ini. Diriwayatkan dari Jabir bahwa Nabi ditanya mengenai air laut, Nabi menjawab, "Air laut itu itu suci & bangkainya pun halal." (HR Abu Daud, Ibnu Majah, al-Nasa'i, Imam Ahmad, & al-Baihaqi).

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Binatang Yang Haram Dimakan Menurut Al Quran. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top