Buah Yang Dapat Menaikkan Gula Darah

Buah Yang Dapat Menaikkan Gula Darah





Buah Menaikkan Gula Darah

Penurunan gula darah dapat ditandai dengan pusing ketika terlalu lama menunduk. Supaya tetap stabil, ada beberapa makanan yg bisa dikonsumsi untuk menaikkan gula darah. Berikut penjelasannya.

Buah-buahan

Semangka, pisang, nanas & anggur adalah beberapa buah-buahan yg mengandung GI tinggi. Sehingga bisa dengan cepat meningkatkan gula darah. Kismis & kurma kering juga bisa dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Jus buah rupanya juga bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, dibanding buah segar.

Yang Dapat Menaikkan Gula Darah

Daging Merah

Daging merah & daging olahan, seperti bacon, daging asap, atau sosis yg mengandung lemak jenuh tinggi. Sehingga, bisa berkontribusi untuk meningkatkan gula darah. Bahkan, kalau terlalu banyak mengkonsumsinya, bisa membuat kalian dua kali lebih beresiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Nasi Putih

Nasi putih mengandung gula yg bisa meningkatkan gula di dalam darah. Bukan hanya itu, nasi putih juga mengandung sedikit serat, dibanding dengan nasi dari beras merah. Sedikitnya kandungan serat di dalam nasi putih, membuatnya bisa meningkatkan gula darah dengan cepat.

Cara Menaikkan Gula Darah

Makanan Cepat Saji

Sebuah penelitian dari Kanada menemukan, bahwa makan makanan yg berlemak seperti makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar gula darah hingga 32% pada orang sehat yg tidak menderita diabetes.

Soda & Minuman Manis Lain

Sama seperti nasi putih & roti putih, soda & minuman manis lainnya bisa dengan cepat menaikkan gula darah. Sehingga dapat kalian konsumsi ketika berbuka atau sahur, untuk meningkatkan gula darah. Tetapi hati-hati, jika terlalu banyak minum soda ataupun minum minuman manis lainnya bisa meningkatkan berat badan.

Roti Putih

Tubuh akan secara cepat mencerna produk yg terbuat dari tepung olahan, seperti roti putih. Sehingga jika kalian mengkonsumsi roti putih maka akan meningkatkan gula darah dengan cepat.

Umbi akar

Wortel matang, kentang & ubi jalar adalah beberapa umbi akar yg bisa meningkatkan gula darah. Jangan mengolah umbi akar dengan lemak, sebab lemak akan memperlambat pencernaan. Sehingga, membuat kadar gula darah tidak jadi meningkat dengan cepat.

Susu Utuh

Susu utuh atau whole milk banyak mengandung lemak jenuh. Dalam beberapa penelitian, mengkonsumsi makanan yg tinggi lemak jenuh sangat berkaitan dengan resistensi insulin di dalam darah.


    Baca Juga :

Share this: