Berat Normal Janin 8 Bulan Dalam Kandungan

Berat Normal Janin 8 Bulan Dalam Kandungan





Berat Normal Janin - Ada banyak hal yg perlu kalian perhatikan di kehamilan 8 bulan ini. Berikut beberapa diantaranya ialah:

Latihan pernafasan

Kalian akan mengalami kesulitan bernafas. Lakukan teknik pernafasan yg benar. Selama hamil kalian membutuhkan pernafasan dalam. Tetapi perlu latihan untuk bisa melakukannya.

Latihan kegel

Lakukanlah latihan kegel selama hamil guna mengatasi kontinensi. Latihan ini tak hanya membantu meringankan kondisi tubuh tetapi juga memperkuat otot panggul.

Postur tubuh yang baik

Menjaga postur tubuh yg baik aldalah sebuah keharusan. Tidurlah di posisi miring ke kiri. Jika masih terasa tidak nyaman, gunakanlah bantal & berbaringlah dengan nyaman. Saat duduk, tubuh harus tegak dengan topangan dari punggung untuk membantu kalian menghindari tekanan pada pembuluh sciatica.

Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi bakal sangat membantu ketika kalian berusaha mengatasi konstipasi, heartburn & gula darah yg turun. Cukup minum air putih, jus buah & cairan agar mengisi sistem tubuh dengan mineral. Tetap terhidrasi juga membantu untuk mengatasi konstipasi (susah BAB).

Rencana persalinan

Bulan ini kalian harus membuat perencanaan persalinan. Pilih jenis kelahiran yg kalian inginkan, siapa yg mendampingi & sebagainya. Perencanaan membantu kalian menentukan pilihan di detik terakhir.

Latihan menyusui & mengganti popok

Sekarang jadi waktu yg tepat buat menghadiri pelatihan di rumah sakit tentang menyusui & mengganti popok. Ini terutama penting bagi wanita yg pertama kali hamil. Kalian bisa bersosialisasi dengan calon ibu lain yg mempunyai keluhan sama. Berbagi cerita membuat beban kalian lebih ringan.

Makanan & pola makan

Pastikan kalian makan makanan yg bernutrisi. Bayi kalian mengalami growth spurt & makanan yg kalian makan menentukan beratnya di waktu kelahiran. Makanlah pada jarak teratur jika makan besar terlihat terlalu banyak untuk kalian.

Kebugaran

Saat hamil 8 bulan, kalian mungkin menjadi tidak suka berolahraga tetapi melakukan perenggangan dasar & yoga menjadi sebuah keharusan. Sebelum mulai berolahraga, mintalah persetujuan dari dokter. Konsultasikan ke instruktur kalian untuk berlatih postur yg mudah.

Hindari stres

Kalian berhadapan dengan stres emosi & fisik. Kecemasan mengenai banyak hal akan berdampak kepada bayi. Jauhi pikiran buruk, tempat bising & lingkungan yg tidak kondusif. Kalian membutuhkan situasi yg tenang & damai.

Perubahan Pada Janin

Berikut ini beberapa perubahan yg terjadi pada bayi pada kehamilan 8 bulan:

Cairan ketuban yg berkurang menandakan ginjal bayi sudah mulai berfungsi.

Untuk bayi laki-laki, testis perlahan turun dari perut. Untuk bayi perempuan, vulva sudah terbentuk. Hormon kehamilan mengakibatkan kantung ke *maluan bayi laki-laki terlihat bengkak ketika lahir. Hal yg sama terjadi untuk bayi perempuan.

Perkembangan kognitif yg cepat terjadi pada otak. Neuron terus berlipat ganda pada rentang yg cepat.

Vernix caseosa yg menutup kulit bayi akan terus menjalani tugasnya. Lanugo, rambut halus yang ada di kulit, perlahan akan mulai menghilang.

Semakin sedikit ruang untuk bayi bergerak didalam rahim karena pertumbuhannya meningkat.

Berat bayi bertambah jadi sekitar 2,7 kg pada akhir bulan ini & panjangnya sekitar 50 centimeter.


    Baca Juga :

Share this: