Pengertian Penyebab Akibat Atau Dampak Dari Gunung Meletus

Pengertian Penyebab Akibat Atau Dampak Dari Gunung Meletus



Pengertian Gunung Meletus

Gunung meletus terjadi karena endapan magma yg ada di dalam perut bumi yg didorong keluar oleh gas yg bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti itulah gunung berapi terbentuk.

Proses Terjadinya Gunung Meletus

Letusannya yg membawa abu & batu menyembur dengan sangat keras sejauh radius 18 kilometer atau lebih, dan lavanya sendiri bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 kilometer.

Akibat Gunung Meletus

Letusan gunung berapi dapat menimbulkan korban jiwa & harta benda yg besar hingga ribuan kilometer jauhnya & bahkan bisa merubah putaran iklim di bumi ini.

Hasil dari letusan gunung berapi adalah berupa :
  1. Gas Vulkanik
  2. Lava & Aliran Pasir serta Batu Panas
  3. Abu Letusan
  4. Lahar
  5. Awan Panas (Piroklastik)

Dampak Terjadinya Gunung Meletus

Material berukuran besar akan jatuh kesekitaran puncak sedangkan yg halus akan jatuh hingga ke puluhan, ratusan atau bahkan ribuan kilometer dari puncak karena pengaruh hembusan dari angin. Awan panas dapat mengakibatkan luka bakar pada bagian tubuh yg terbuka seperti kepala, leher, lengan atau kaki & juga menyebabkan sesak hingga tidak bisa bernafas.

Penyebab Gunung Meletus

Bencana gunung meletus adalah kejadian yg besar maka dari itu harus ada perhatian khusus. Sebab jika tidak diperhatikan bisa mengakibatkan kejadian fatal & menjadikan banyak korban jiwa. Ada beberapa faktor yg menjadi sebab gunung meletus.

Sebuah gunung meletus tidak terjadi begitu saja tanpa adanya penyebab. Faktor penyebab dari gunung meletus bisa bersumber dari bumi. Adapun beberapa hal yg merupakan penyebab gunung meletus diantaranya ialah :
  1. Peningkatan Timbulnya Gempa Vulkanik
  2. Terjadi Deformasi Pada Badan Gunung
  3. Pergerakan Tektonik Pada Lapisan Bumi
  4. Adanya Tekanan Yang Tinggi
  5. Lempeng-Lempeng Bumi Yang Saling Berdesakan

Demikianlah pengertian, penyebab, akibat dan dampak dari gunung meletus. Penyebab-penyebab tersebut tidak bisa kalian lihat dari luar bumi, tetapi mempunyai pengaruh yg besar sebagai penyebab proses terjadinya gunung meletus.
    Baca Juga :


Share this: