Masalah Ketersediaan Air Bersih Dan Penyebab Kelangkaan Air Bersih

Masalah Ketersediaan Air Bersih Dan Penyebab Kelangkaan Air Bersih





Kelangkaan air bersih sangat membuat resah kehidupan manusia, karena manusia tidak akan mampu bertahan hidup jika tidak ada air bersih. Ada 3 faktor yang menyebabkan kelangkaan air bersih. 3 faktor penyebab kelangkaan air bersih tersebut adalah :

Penyebab Kelangkaan Air Bersih


Perilaku Manusia

Mayoritas masyarakat Indonesia, menyediakan air minum secara mandiri, tapi tak tersedia cukup informasi tepat guna hal hal yg terkait dengan persoalan air, terutama mengenai konservasi & pentingnya menggunakan air dengan bijak.

Kerusakan Lingkungan

1. Penggundulan Hutan
Kerusakan lingkungan yg semakin parah karena penggundulan hutan adalah penyebab utama kekeringan & kelangkaan air bersih.

2. Global Warming
Pemanasan global sudah memicu peningkatan suhu bumi yg mengakibatkan melelehnya es di gunung & kutub, berkurangnya ketersediaan air, naiknya permukaan air laut & dampak buruk lainnya.

Manajemen Pengelolaan Air Yang Kurang Baik

1. Kurangnya pengaturan antara institusi terkait
Departemen Pekerjaan Umum bertanggung jawab kepada infrastruktur air, Departemen Dalam Negeri mengurus pentarifan air, Departemen Kehutanan bertanggung jawab kepada konservasi sumber daya air, dan masalah kualitas air oleh Departemen Kesehatan.

2. Buruknya Kinerja PDAM/PAM
Air minum perpipaan sebagai sistem pelayanan air minum yg paling ideal sampai saat ini baru bisa dinikmati oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia. Mayoritas PDAM mengalami kendala dalam memberikan pelayanan yg baik karena berbagai persoalan, dari aspek teknis (air baku, unit pengolah & jaringan distribusi yg sudah tua, tingkat kebocoran, & lain lain) atau aspek non teknis (status kelembagaan PDAM, sulitnya menarik investasi swasta, utang, tarif tidak full cost recovery, pengelolaan yg tidak berprinsip kepengusahaan, dan lain lain).


    Baca Juga :

Share this: