Pengertian Internet, Sejarah, Jenis, Serta Fungsinya

Pengertian Internet, Sejarah, Jenis, Serta Fungsinya





Apa pengertian dari internet? Sebutkan jenis-jenis internet serta fungsi dari internet - Di tahun 1969, lembaga riset DARPA singkatan dari (Defense Advanced Research Project Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika, mendanai riset buat mengembangkan jaringan komunikasi data antar komputer. Riset tersebut bertujuan guna mengembangkan aturan komunikasi data antar komputer yg :

- Bekerja secara transparan, melalui beraneka macam jaringan komunikasi data yg terhubung satu dengan yang lainnya.
- Tahan dengan berbagai macam gangguan (bencana alam, serangan nuklir, dan lain-lain.)

Sejarah Internet

Pengembangan jaringan tersebut ternyata sukses & melahirkan Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Pada tahun 1972, ARPANET didemonstrasikan di depan para peserta The First International Conference on Computer Communications dengan menghubungkan empat puluh node.

Fungsi Internet

Aplikasi internet yg pertama kali ditemukan ialah File Transfer Protocol (FTP). Menyusul selanjutnya e-mail & telnet. E-mail menjadi aplikasi yg paling populer di masa ARPANET. Ukuran ARPANET sendiri makin lama makin besar. Protokol komunikasi data yg digunakan ketika itu, yakni Network Communication Protocol (NCP), tak sanggup menampung node komputer yg besar.

DARPA lalu mendanai pembuatan protokol komunikasi yg lebih umum. Protokol tersebut dinamakan Transmision Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP). DARPA menyatakan TCP/IP menjadi standar untuk jaringannya di tahun 1982.

Jenis-Jenis Internet

Protokol tersebut lalu diadopsi menjadi standar ARPANET di tahun 1983. Perusahaan bernama Bolt Beranek Newman (BBN) membuat protokol TCP/IP berjalan diatas komputer dengan sistem operasi UNIX. Sejak ketika itu perkawinan antara UNIX & TCP/IP dimulai.

Di tahun 1984 jumlah host yang ada di internet melebihi 1000 buah. Di tahun itu juga diperkenalkan Domain Name System (DNS) yg mengganti fungsi tabel nama host. Sistem domain inilah yg hingga saat ini kita gunakan untuk menuliskan nama host.

Pada tahun 1986,  NFS (US National Science Foundation) atau lembaga ilmu pengetahuan nasional Amerika Serikat mendanai pembuatan jaringan TCP/IP yg dinamai NSFNET. Jaringan tersebut digunakan untuk menghubungkan 5 pusat komputer super & memungkinkan terhubungnya universitas-universitas yang ada di Amerika Serikat dengan kecepatan jaringan tulang punggung sebesar 56kbps. Jaringan itulah yg kemudian menjadi embrio berkembangnya internet yg kita kenal saat ini.

Di tahun 1987 berdiri UUNET yg saat ini adalah salah satu provider utama internet. Tercatat juga di tahun tersebut jumlah host melewati angka 10000. Satu tahun kemudian kecepatan jaringan tulang punggung NSFNET ditingkatkan jadi T1 (1,544Mbps). Di samping itu juga ada beberapa negara di Eropa yg masuk ke jaringan NSFNET.

Perkembangan internet semakin luas & sampai menjangkau Australia juga Selandia Baru di tahun 1989. Pada tahun itu jumlah host yang ada di internet mencapai jumlah 100000. 2 tahun kemudian aplikasi yang ada di internet bertambah dengan diciptakannya World Wide Web (WWW) & Gopher. Di tahun tersebut kecepatan jaringan tulang punggung NSFNET ditingkatkan jadi T3 (45Mbps).

Di tahun 1992 jumlah host yang ada di internet mencapai 1 juta host. Salah satu penyebab perkembangan tersebut ialah semakin meluasnya penggunaan layanan Gopher yg ada di internet. Pada tahun tersebut juga untuk pertama kalinya dilaksanakan siaran audio & video multicast melalui Internet IETF MBONE (Engineering Task Force Multicast BackBone).

Nah itu dia pengertian dari internet, jenis, serta fungsi-fungsinya dan juga sejarah singkat dari internet itu sendiri. Semoga informasi tersebut bermanfaat.


    Baca Juga :

Share this: