Amoeba Berkembang Biak Dengan Cara

Amoeba Berkembang Biak Dengan Cara





Hewan dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yakni Hewan tingkat rendah & Hewan tingkat tinggi. Hewan tingkat rendah seringkali disebut invertebrata, dan hewan tingkat tinggi disebut vertebrata.

Berkembang Biak

Hewan tingkat rendah bisa melakukan perkembangbiakan vegetatif & atau generatif. Perkembangbiakan vegetatif bisa dilakukan dengan beraneka macam cara, seperti membelah diri, membentuk tunas, atau fragmentasi.

1. Membelah diri
Hewan yg berkembangbiak dengan cara membelah diri diantaranya; Amoeba, Euglena, Paramaecium. Proses membelah diri terbagi menjadi dua, yaitu Bertunas & Fragmentasi.

a. Bertunas
Hewan yg berkembangbiak membelah diri dengan cara bertunas yaitu Hydra sp. Biasanya hewan ini bisa kalian jumpai menempel di permukaan bawah daun tumbuhan yg hidup di air tawar, dengan ukuran panjang hingga 2 centimeter.

b. Fragmentasi
Fragmentasi pada hewan adalah salah satu jenis perkembangbiakan yg biasanya tidak sengaja dilakukan oleh hewan tersebut. Potongan yg terlepas akan berkembang / terbentuk menjadi individu yg baru. Contoh hewannya yakni Planaria & bintang laut ( Linckia sp). Meskipun bintang laut tidak sehebat Planaria tapi bintang laut bisa fragmentasi.


    Baca Juga :

Share this: