Bagaimana Cara Membuat Kue Jalabia

Bagaimana Cara Membuat Kue Jalabia



Kue Jalabia atau yg biasa disebut dengan kue cincin ini merupakan salah satu makanan khas dari Bekasi. Selain itu masyarakat suka meledek kue ini sebagai donat kampung, akibat bentuknya seperti donat tapi bahan bakunya yg tradisional. Kue Jalabia adalah kue yg berbahan dasar utama tepung ketan & tepung beras. Kue Jalabia ini biasa disugukan ketika ada acara-acara tertentu misalnya acara hajatan atau syukuran.

Resep Kue Jalabia

Cara membuat kue jabalia ini juga sangat mudah. Selain itu bahan-bahan yg dibutuhkan tidak sulit untuk didapat. Berikut bahan-bahan yg diperlukan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan :
600 gram tepung ketan
150 gram tepung beras
600 milliliter air
250 gram gula merah
Satu buah kelapa agak muda yg sudah diparut
Satu sendok garam Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat :
1. Campurkanlah tepung beras, tepung ketan, garam, & kelapa parut. Tambahkan air, aduk rata hingga adonan kalis.

2. Ambilah adonan satu sendok makan. Bentuk bulat & bolongi tengahnya. Lakukan hingga adonan habis.

3. Siapkanlah minyak panas. Goreng adonan yg sudah di bentuk sampai berwarna kuning kecoklatan. Lalu tiriskan.

4. Masak gula merah, gula pasir, & air. Aduk-aduk sampai mengental. Kemudian masukkan kue jalabiya yg sudah di tiriskan tadi. Aduk sampai rata. Angkat, dan sajikan.

Itu dia bahan-bahan & cara membuat kue Jalabia. Bahan-bahan yg mudah, serta pembuatannya yg tidak rumit, bisa menjadi salah satu makanan khas Bekasi yg bisa dinikmati. Selain itu dengan membuat kue ini, dengan cara tidak langsung bisa menjaga kuliner tradisional khas dari Bekasi.
    Baca Juga :


Share this: