Kekuasaan Tertinggi Dalam Organisasi Asean Adalah

Kekuasaan Tertinggi Dalam Organisasi Asean Adalah



Asean memiliki alat perlengkapan atau organisasi sebagai berikut ini: summit meeting, sidang menteri nonekonomi, sidang menteri-menteri ekonomi, annual ministerial meeting, standing committee atau panitia tetap.

1. Summit meeting.

Summit meeting adalah sidang para kepala negara atau kepala pemerintahan. Sidang tersebut adalah kekuasaan tertinggi di dalam asean. Pertemuan para kepala negara atau juga disebut pemerintahan diadakan jika dianggap perlu untuk memberikan pengarahan-pengarahan kepada asean.

2. Annual ministerial meeting.

Annual ministerial meeting adalah sidang tahunan menteri luar negeri asean. Sidang tersebut bertanggung jawab untuk merumuskan garis kebijaksanaan & koordinasi kegiatan-kegiatan asean sesuai dari deklarasi bangkok.

Sidang tahunan menteri luar negeri asean akan memeriksa implikasi-implikasi politik atas kputusan-keputusan asean mengingat dalam seluruh kegiatan asean selalu ada implikasi politik & diplomatik.

3. Sidang menteri-menteri ekonomi.

Sidang dari para menteri ekonomi asean diselenggarakan dua kali dalam satu tahun. Sidang tersebut bertugas merumuskan kebijaksanaan-kebijaksanaan & koordinasi yg khusus menyangkut masalah-masalah kerja sama asean pada bidang ekonomi. Dan juga, sidang ini akan menilai hasil-hasil yg sudah dicapai oleh komite-komite yg ada di bawahnya.

4. Sidang menteri nonekonomi.

Sidang dari para menteri nonekonomi merumuskan kebijakan-kebijakan tentang bidang mereka masing-masing. Seperti pendidikan, kesehatan, kebudayaan, sosial, perburuhan, ilmu pengetahuan, & teknologi.

5. Standing committee atau panitia tetap.

Panitia tersebut bertugas membuat keputusan-keputusan & menjalankan tugas-tugas perhimpunan di antara 2 sidang dari tahunan para menteri luar negeri asean.

Itulah jawaban dari pertanyaan kekuasaan tertinggi dalam organisasi asean adalah
    Baca Juga :


Share this: