Manfaat Teh Daun Jati Cina

Manfaat Teh Daun Jati Cina





Teh daun jati cina atau Senna merupakan salah satu obat herbal yg biasanya digunakan untuk obat pencuci perut. Teh daun jati cina mengandung zat yg disebut sennosida, yg bekerja dengan mengiritasi lapisan di dalam usus -- hasilnya timbulah efek pencahar.

Sejumlah penelitian sudah dibuat untuk meneliti efek & keamanan teh daun jati cina -- teh daun jati cina ada baiknya hanya digunakan untuk jangka pendek (tak lebih dari dua minggu), misal pada saat-saat sulit buang air besar saja.

Penggunaan dosis tinggi atau jangka panjang bisa berakibat ke gangguan fungsi pencernaan & ketergantungan teh daun jati sebagai bantuan obat pencuci perut. Dosis yg masih dianggap aman adalah sekitar 17 - 28 mg perhari terbagi ke dalam 2 dosis (berarti sekali minum adalah 8,5 - 14 milligram). Dosis lebih dari 34,4 milligram tidak dianjurkan.

Sebagai patokannya, satu sendok teh garam adalah sekitar 5,6 milligram -- karena bentuk garam & daun jati cina berbeda, patokan sendok teh garam ini cuma taksiran kasar saja (mungkin satu sendok teh daun jati cina akan lebih ringan ketimbang satu sendok teh garam). Lewat penelitian, hingga saat ini efek samping teh daun jati cina yg diketahui adalah kram perut, diare & rasa tidak nyaman pada perut.

Penggunaan dosis tinggi atau jangka panjang dapat mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh, kerusakan hati, dehidrasi, gangguan kerja jantung & kelemahan otot. Belum diketahui apakah bisa mengganggu kesuburan wanita -- tapi bisa saja jika maksud penggunaan teh daun jati cina adalah untuk diet (hal ini tidak disarankan, karena teh dimaksudkan untuk penggunaan jangka pendek), salah satu efek diet ketat berlebihan adalah gangguan keteraturan menstruasi & dengan demikian, dapat mengganggu kesuburan.

Itulah manfaat teh daun jati


    Baca Juga :

Share this: