Masa Kehidupan Berburu Dan Berpindah Pindah Berlangsung Bersamaan Dengan

Masa Kehidupan Berburu Dan Berpindah Pindah Berlangsung Bersamaan Dengan





Masa Praaksara merupakan masa dimana manusia belum mengenal tulisan atau juga disebut masa prasejarah atau nirleka yg artinya tidak adanya tulisan. Masa praaksara berlangsung mulai sejak adanya manusia hingga manusia mengenal tulisan. Kita bisa mengetahui masa praaksara melalui peninggalan-peninggalan yg bukan berupa tulisan seperti: fosil, artefak, atau alat-alat yg digunakan di masa praaksara.

Salah satu ciri kehidupan masyarakat Indonesia di masa awal adalah adanya cara hidup berkelompok. Walaupun masih sangat sederhana, manusia purba sudah mengerti akan pentingnya kerja sama di dalam kehidupan mereka.

Generasi penerus saat ini sudah banyak yg tidak mengenal sejarah-sejarah mengenai zaman praaksara atau kehidupan awal masyarakat Indonesia. Padahal keadaan tersebut sangat penting untuk ilmu pengetahuan.

Praaksara berasal dari gabungan kata pra & aksara. Pra artinya sebelum & aksara artinya tulisan. Dengan demikian, yg dimaksud masa praaksara yaitu masa sebelum manusia mengenal bentuk tulisan. Masa praaksara dikenal juga dengan masa nirleka (nir berarti tidak ada, & leka berarti tulisan), yaitu masa tidak adanya tulisan. Masa praaksara disebut juga dengan masa prasejarah,yakni suatu masa dimana manusia belum mengenali tulisan.

Pemenuhan kebutuhan hidup masih didapat dengan cara berburu & meramu bahan makanan yg ada di alam.

Di dalam perkembangannya, masyarakat prasejarah mulai menemukan benda-benda yg terbuat dari logam untuk bercocok tanam. Penemuan benda-benda tersebut sekaligus menandai mulai berakhirnya zaman prasejarah yg dikenal juga dengan zaman protosejarah. Masa kehidupan berburu & berpindah-pindah berlangsung bersamaan dengan Zaman Mesolitikum.


    Baca Juga :

Share this: