Mengapa Manusia Purba Itu Banyak Yang Tinggal Di Tepi Sungai

Mengapa Manusia Purba Itu Banyak Yang Tinggal Di Tepi Sungai



Aksara artinya huruf atau tulisan. Berarti, pra-aksara itu artinya masa atau zaman sebelum manusia mengenal huruf atau tulisan.

Yaitu zaman berjuta tahun yg lalu, saat kehidupan manusia masih sangat primitif.
Saking primitifnya, zaman ketika itu dikenal juga dengan istilah masa pra-sejarah (atau belum ada sejarah).Lho kok bisa? Harusnya ketika manusia ada, pasti ada sejarahnya (ada ceritanya).

Karena ketika itu tidak ada bukti tertulis yg ada. Cara peneliti mempelajari kehidupan manusia pra sejarah, lebih banyak lewat sumber-sumber berupa fosil & artefak.

Selain zaman pra aksara & zaman pra sejarah, sering juga orang menyebut zaman ketika itu dengan sebutan zaman purba. Dan manusianya disebut manusia purba.

Nah, zaman pra aksara ini memang selalu menarik untuk dibahas karena tidak ada yg tau persis bagaimana keadaan saat itu. Penjelasan yg ada lebih bersifat teori, tetapi disusun secara ilmiah.

Masa berburu & mengumpulkan makanan (food gathering).
Ketika masa ini, Manusia  mengumpulkan makanan yg disediakan oleh alam tanpa harus menanam ataupun mengolah tanah. Beberapa ciri masa berburu & mengumpulkan makanan :

Hidup Berpindah-pindah (nomaden), karena hidupnya sangat bergantung dengan makanan yg tersedia di alam.
Sudah mengetahui api. Makanan (misalnya ikan, daging rusa, dan lain-lain) yg berhasil mereka dapatkan, akan dibakar terlebih dulu sebelum dimakan.
Juga mengumpulkan tumbuhan & umbi-umbian yg bisa dimakan.
Pola hidup sudah berkelompok. Bermanfaat untuk menghadapi serangan dari binatang buas.
Alat-alat yg digunakan terbuat dari batu, tulang, & kayu. Cirinya yaitu masih kasar atau tidak diasah & sangat sederhana. Contoh : chopper (kapak genggam), kapak perimbas & flakes (alat serpih).

Termasuk dalam masa palaeolithikum atau zaman batu tua.
Jenis manusia purba yg hidup di masa tersebut antara lain pithecantrhopus.

Masa bercocok tanam (food producing).
Beberapa ciri zaman bercocok tanam adalah :
Sudah bisa mengembangbiakkan hewan ternak & menanam tumbuh-tumbuhan.
Sudah mulai hidup menetap. Walaupun, ketika tanah yg diolah tidak subur lagi, mereka akan pindah ke tempat lain yg tanahnya masih subur.

Termasuk kedalam masa mesolithikum (zaman batu pertengahan) & neolithikum (zaman batu muda).
Alat-alat yg dihasilkan sudah lebih halus. Contohnya ; kapak persegi & kapak lonjong.
Bisa membuat gerabah.

Masa perundagian.
Adalah masa ketika manusia pra aksara sudah bisa mengolah logam, terutama besi & perunggu. Benda-benda hasil masa perundagian adalah kapak corong.

Sebelum tulisan ini diakhiri, penulis mau menjawab salah satu pertanyaan mengenai kenapa manusia purba itu banyak yg tinggal di tepi sungai? Jawabannya yaitu karena binatang buruan suka berkumpul di dekat sumber air, salah satunya adalah sungai. Makanya, fosil manusia purba seperti Pithecantropus Erectus, dan lain-lain ditemukan tidak jauh dari sungai. Semoga bermanfaat!
    Baca Juga :


Share this: