Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Amerika Selatan Adalah

Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Amerika Selatan Adalah





Meminum kopi merupakan sebuah kegiatan yg sering kita temui di seluruh daerah. Kegiatan yg populer dengan istilah ngopi ini sudah membudaya di semua kalangan masyarakat. Tua-muda, kaya-miskin, pria-wanita,  awam-terpelajar, semuanya suka kopi. Dari sekedar menikmati secangkir kopi yang ada di warung kopi pinggir jalan sampai pada cafe-cafe elit, ngopi terasa menyenangkan untuk para pecinta kopi. Begitu banyaknya konsumen kopi menjadikan kopi minuman ketiga yg paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih & teh.

Setelah minyak bumi, kopi merupakan komoditas terbesar yg diperdagangkan di dunia. Tak hanya sebagai minuman, namun kopi juga diproduksi untuk membuat kafein buat minuman kola, obat-obatan, & kosmetik.

Kopi banyak dihasilkan di daerah tropis & sub tropis. Negara-negara berikut dibawah ini adalah negara dimana kopi banyak dihasilkan. Mulai dari jenis Arabica ataupun Robusta.

10. Guatemala
Memproduksi kopi : 204.000 ton
Guatemala memproduksi 204 ribu ton kopi setiap tahunnya & produksi ini tetap stabil. Negara penghasil kopi terbesar ke-10 di dunia ini adalah produsen kopi terbesar yang ada di Amerika Tengah.

9. Meksiko
Memproduksi kopi : 234.000 ton
Bertetanggaan dengan Guatemala di sebelah selatan, Meksiko memproduksi kopi Arabika dengan kualitas tinggi. Di 2016 Negeri Sombrero ini menghasilkan 234 ribu ton kopi, membuatnya berada di posisi kesembilan negara penghasil kopi terbesar yang ada di dunia.

8. Uganda
Memproduksi kopi : 288.000 ton
Kopi merupakan komoditas eksport utama hasil pertanian Uganda. Di tahun 1989, Uganda bisa menghasilkan kopi dalam jumlah yg sangat besar. Tapi karena adanya masalah ekonomi & keamanan, produksinya menurun sampai hanya berada di urutan kedelapan negara penghasil kopi terbanyak di dunia.

7. India
Memproduksi kopi : 348.000 ton
India merupakan negara penghasil kopi terbesar ketujuh yang ada di dunia dengan produksi sebanyak 348 ribu ton pertahun. Pertanian kopi India terkonsentrasi di India Selatan yg keadaan geografisnya berbukit-bukit.

6. Honduras
Memproduksi kopi : 348.000 ton
Honduras ada di posisi keenam dalam daftar negara penghasil kopi terbanyak di dunia. Negara ini menghasilkan 348 ribu ton kopi tiap tahunnya. Kopi sebanyak itu hanya di jual & dikonsumsi di dalam negeri saja. Honduras juga hampir pernah mengekspor kopi ke luar negeri.

5. Etiopia
Memproduksi kopi : 384.000 ton
Etiopia menghasilkan banyak kopi setiap tahunnya. Di tahun 2016 produksi kopi Etiopia hingga 384 ribu ton. Negara yg sering dilanda kelaparan ini merupakan kebun besar untuk pertanian kopi Arabika.

4. Indonesia
Memproduksi kopi : 660.000 ton
Pembuatan kopi di Indonesia diperkenalkan oleh Belanda yg kemudian masih dilanjutkan produksinya selepas penjajahan berhasil dihapuskan. Walau hanya bertengger di posisi keempat negara penghasil kopi terbanyak di dunia, Indonesia mempunyai kopi berkualitas tinggi. Kopi yg kualitasnya tidak terkalahkan. Terkenal dengan Kopi Luwak, yakni kopi yg dihasilkan dari biji kopi yg tidak tercerna di dalam kotoran Luwak.

3. Kolumbia
Memproduksi kopi : 810.000 ton
Kopi Kolombia cukup dikenal di dunia internasional. Cuma saja, perubahan iklim yg cukup drastis memberi pengaruh produksi kopi di Kolombia. Suhu udara yg berbeda akan membuat cita rasa Kopi Kolombia akan menjadi berubah. Hal tersebut mengakibatkan produksi kopi yang ada di negara ini semakin turun.

2. Vietnam
Memproduksi kopi : 1.650.000 ton
Vietnam merupakan penghasil kopi terbesar di Asia dan juga nomor 2 di dunia. Sekitar 1,6 juta ton kopi dihasilkan pada tiap tahunnya. Kopi merupakan komoditas ekspor hasil pertanian paling besar yang ada di Vietnam setelah beras.

1. Brasil
Memproduksi kopi : 2.592.000 ton
Negara yg berlokasi di amerika selatan ini merupakan penghasil kopi terbesar di dunia. Produksi kopi Brasil pada tahun 2016 mencapai hingga 2,5 juta ton lebih. Jenis kopi yg dibudidayakan adalah Arabika & Robusta.

Itulah jawaban dari negara penghasil kopi terbesar di amerika selatan adalah


    Baca Juga :

Share this: