Pengertian HAM Hak Asasi Manusia

Pengertian HAM Hak Asasi Manusia



Hak Asasi Manusia atau yang disingkat HAM adalah suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sejak berada di dalam kandungan & tidak bisa diganggu gugat. Menurut saya Hak Asasi Manusia memang sebaiknya harus kita kenali, baik itu pengertian, jenis-jenisnya, dan pelanggarannya.

Apakah Hak Asasi Manusia itu penting ???

Ya itu benar sekali, karena Hak Asasi Manusia ini menjamin harkat & martabat manusia, dan menjaga keharmonisan di dalam lingkungan. Maka dari itu, kali ini yg akan saya bahas yakni mengenai PENGERTIAN HAM.

Pengertian Hak Asasi Manusia

Menurut John Locke

John Locke berpendapat bahwasanya individu sesuai dengan kodratnya adalah makhluk yg bebas & setara. Hak kodrat manusia ialah hak untuk hidup (the right to life), hak memiliki kekayaan (the right to property). & hak untuk merdeka (the right to liberty). Hak tersebut bersifat mutlak & tidak bisa diganggu gugat.

Pengertian HAM

Menurut Professor Darji Darmodiharjo

Dirinya berpendapat bahwa hak asasi manusia adalah hak-hak dasar yg dibawa manusia dari lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut UU Noomor 39 Tahun 1999

Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yg melekat pada hakikat & keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa merupakan anugrah-Nya yg wajib dijunjung tinggi, & dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, & setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat & martabat manusia.

Itu dia beberapa pengertian tentang HAM yg berasal dari berbagai pendapat. Semoga bermanfaat.
    Baca Juga :


Share this: