Tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat

Tuliskan Sebuah Ayat Beserta Artinya Yang Menjelaskan Gambaran Malaikat





Wujud para malaikat sudah dijabarkan didalam Al Qur an ada yg mempunyai sayap sebanyak 2, 3 & 4. Surah Faathir 35:1 yg berbunyi:

"Segala puji bagi Allah Pencipta langit & bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan - utusan ( buat mengurus berbagai macam urusan ) yg mempunyai sayap, masing - masing ( ada yg ) dua, tiga & empat. Allah menambahkan pada ciptaanNya apa yg dikehendakiNya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu" (Faathir 35:1)

Lalu di dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Jibril mempunyai 600 sayap, Israfil mempunyai 1200 sayap, dimana 1 sayapnya menyamai 600 sayap Jibril & yg terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-’Arsy mempunyai 2400 sayap dimana 1 sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.

Wujud malaikat mustahil bisa dilihat dengan kasat mata, sebab mata manusia tercipta dari unsur dasar tanah liat yg kering dari lumpur hitam yg diberi bentuk tidak akan bisa melihat wujud dari malaikat yg asalnya terdiri dari cahaya, bahkan nabi muhammad sendiri juga disebutkan secara jelas hanya bisa melihat wujud asli dari malaikat Jibril sebanyak 2x. Dikatakan bahwa Muhammad sudah melihat wujud asli dari Malaikat Jibril yg mempunyai sayap sebanyak 600 sayap.

"Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu ( dalam wujudnya yg asli ) pada waktu yg lain" (An-Najm 53:13).

Di dalam kisah suci perjalanan Isra’ Mi’raj, sesampainya pada pos perjalanan Sidratul Muntaha, Malaikat Jibril tak sanggup lagi mendampingi Rosulullah untuk terus naik menghadap kehadirat Allah SWT, malaikat Jibril berkata : "Aku sama sekali tak mampu mendekati Allah, butuh 60.000 tahun lagi aku harus terbang. Itulah jarak diantara aku & Allah yg bisa aku capai. Apabila aku terus juga ke atas, aku pasti hancur cerai-berai".


    Baca Juga :

Share this: