Mengapa Kita Harus Mengutamakan Musyawarah Mufakat Dalam Menyelesaikan Setiap Permasalahan

Mengapa Kita Harus Mengutamakan Musyawarah Mufakat Dalam Menyelesaikan Setiap Permasalahan





Kata musyawarah asalnya dari bahasa arab "syawara yg artinya mengadakan sebuah perundingan atau penyampaian sesuatu, yakni pendapat. Musyawarah seringkali kalian lakukan di dalam kehidupan setiap hari, misalnya ketika di rumah, di sekolah, di kantor, ataupun di tempat-tempat lainnya.

Pengertian Musyawarah

Musyawarah adalah sebuah tindakan yg dilakukan oleh sekelompok orang guna membahas suatu masalah dengan tujuan supaya mendapatkan solusi.

Musyawarah adalah sebuah sistem pengambilan keputusan yg melibatkan 2 orang atau lebih dengan mempresentasikan kepentingan-kepentingan sehingga bisa tercipta suatu keputusan yg disepakati bersama.

Musyawarah adalah sebuah upaya yg dilakukan guna memecahkan sebuah masalah ataupun persoalan atau dengan kata lain sebuah usaha untuk mencari jalan keluar untuk mengambil keputusan bersama di dalam menyelesaikan sebuah masalah yg melibatkan 2 orang atau lebih.

Musyawarah merupakan pembahasan guna menyatukan pendapat di dalam penyelesaian sebuah masalah yg menyangkut kepentingan bersama.

Musyawarah adalah membicarakan & menyelesaikan bersama sebuah persoalan & maksud untuk mencapai kata mufakat atau juga disebut kesepakatan.

Manfaat musyawarah hakikatnya bisa mengajarkan kepada para anggotanya mengenai nilai-nilai keadilan & kebersamaan. Musyawarah harusnya bisa menghasilkan keputusan yg seadil-adilnya untuk kepentingan bersama. Demi kelancaran jalan nya sebuah musyawarah, para anggota disarankan agar mematuhi segala peraturan yg berlaku. Misal dengan cara menghormati pendapat yg disampaikan orang lain walaupun pendapat itu bertentangan satu sama lainnya, tak boleh memotong ketika seseorang sedang menyampaikan pendapat, supaya musyawarah bisa berjalan dengan aman & tertib.

Mengapa Musyawarah itu baik Karena supaya tidak menciptakan sebuah suasana yg tidak diinginkan seperti keributan, bukan hanya itu tetapi juga menyelesaikan masalah dengan musyawarah mufakat dapatt menciptakan ketentraman & damainya masyarakat seperti yg sudah dijelaskan diatas.


    Baca Juga :

Share this: