Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah

Tipe Persendian Yang Terdapat Pada Rahang Adalah





Sendi Rahang atau juga disebut temporomandibular joint (TMJ) merupakan daerah langsung di depan kuping di kedua sisi kepala di mana rahang atas (Os maxilla) & rahang bawah (Os mandibula) bertemu. Didalam sendi rahang ada bagian-bagian yg bergerak yg memungkinkan rahang atas menutup ke rahang bawah. Sendi rahang ini merupakan suatu sliding "ball & socket" khas yg memiliki satu piringan (disc) terjepit diantaranya.

Sendi rahang (TMJ) dipakai ratusan kali dalam sehari untuk menggerakan rahang, menggigit ataupun mengunyah, berbicara ataupun menguap. Dia adalah salah satu sendi dari seluruh sendi ditubuh yg paling seringkali digunakan.

Sendi rahang (TMJ) adalah rumit & terdiri dari otot-otot, urat-urat & tulang-tulang. Setiap komponen berkontribusi untuk kelancaran kerja dari sendi rahang. Saat otot-otot bersantai & berimbang & kedua rahang membuka serta menutup dengan nyaman, kita bisa berbicara, mengunyah dan juga menguap tanpa sakit. Kita bisa melokalisir sendi rahang (TMJ) dengan meletakkan satu buah jari pada struktur segitiga di depan kuping. Lalu jarinya digerakkan maju sedikit kedepan kemudian ditekan kuat saat membuka rahang.

Gerakan yg dirasakan asalnya dari sendi rahang. Kita juga bisa merasakan gerakan sendi jika kita menaruh jari kecil ke sisi dalam bagian depan dari kanal telinga. Manuver-manuver tersebut bisa menyebabkan cukup penderitaan bagi pasien yg mengalami kesulitan sendi rahang & dokter memakai mereka untuk membuat diagnosis.

Jawaban dari pertanyaan tipe persendian yang terdapat pada rahang adalah sendi pelana.


    Baca Juga :

Share this: